- Good News Everyday -

Minggu, 16 Desember 2018
List submenu

Life Style

Kuliner khas jawa hadir di Makkah

7 Nopember 2018
Related image
 
salamhaji.com, Ayam Bakar Wong Solo sukses membuka 237 gerai di kota-kota Indonesia dan 8 di Malaysia. Bulan lalu Wong Solo membuka gerainya di negeri Arab. Wong Solo pun sukses menjadi wisata kuliner favorit Jamaah Umrah dan Haji asal Indonesia yang kerap kesulitan mencari kuliner khas Indonesia yang enak dan ternama.

Bulan lalu Ayam Bakar Wong Solo (ABWS) resmi membuka gerai pertamanya di negeri Arab. Bertempat di Jeddah, tepatnya di lokasi Balad, Corniche di atas toko Amir/Ali Murah, gerai ABWS langsung diserbu para para jamaah asal Indonesia yang tengah menjalani ibadah umroh di Tanah Suci selama 9 hari di Madinah dan Mekah, untuk ibadah umrah dan takziah.

Para jamaah begitu antusias menyambut berbagai hidangan yang disajikan ABWS. Maklum saja, sebelumnya Jamaah Haji dan Umroh begitu kesulitan mencari kuliner yang enak dan cocok dengan perut orang Indonesia. Namun para Jamaah malah disajikan hidangan khas Indonesia yang tidak jelas taste rasanya sehingga membosankan.

Nah, kehadiran ABWS rupanya mampu mengisi kekosongan tersebut. Berbagai menu kuliner yang disajikan ABWS menjadi pelipur lara dan obat perindu para jamaah yang kerap kesulitan mencari makanan khas Indonesia yang enak dan sudah dikenal mereknya. “Sebab selama ini hampir dikatakan tidak ada franchise atau kuliner merek ternama dari Indonesia yang membuka gerainya di Tanah Suci yang menyajikan menu khas Indonesia yang jempolan,” kata Puspo Wardoyo, Pemilik Ayam Bakar Wong Solo.

“Kuliner di sana memang banyak. Dari Indonesia juga ada beberapa restoran, tapi saya lihat tidak ada rumah makan khas Indonesia yang terbukti taste nusantaranya dan punya nama buka di sana. Kita mungkin satu satunya restoran warabala ternama yang buka di sana,” terangnya.

Puspo mengatakan, ABWS sengaja membuka gerainya di lokasi Balad, Corniche. Lokasi tersebut merupakan salah satu pusat belanja para jamah haji dan umroh. “Biasanya jamaah membeli oleh-oleh dan belanja di lokasi tersebut. Lokasi itu juga tempat wisata yang banyak dikunjungi jamaah umrah dan haji dari Indonesia,” terangnya.

Puspo optimis ABWS bisa sukses di negeri Arab. Pasalnya, ABWS merupakan rumah makan ayam bakar yang sudah dikenal luas masyarakat Indonesia. “Banyak jamaah yang capek-capek cari makanan enak, sudah cari ke sana dan kemari, akhirnya kecewa. Nah, kehadiran kita bisa mengobati kekecawaan para jamaah yang ingin merasakan kuliner khas Indonesia yang sudah enak dan familiar,” katanya.

Karena itu, sambung Puspo, misi ABWS di sana adalah datang untuk “mensukseskan” umroh dan haji anda dalam hal makanan. “Selama ini banyak jamaah haji dari Indonesia yang haji dan umrohnya sukses tapi tidak dengan makannnya,” tandasnya.

“Di sana jamaah imrah dan haji sebetulnya tidak kekurangan makanan. Makanan dari berbagai negara ada di sana, termasuk Indonesia. Tapi, para jamaah susah mengobati rasa kangen perutnya untuk menyantap makanan yang betul betul branded dan teruji kenikmatannya. Alhamdulillah kini Ayam Bakar Wong Solo sudah hadir di sana,” tambahnya.

Beberapa menu yang disajikan antara lain paket nasi box dengan harga terjangkau. Ada paket nasi box ayam bakar dengan menu nasi, ayam, oseng tempe lombok ijo /capcay, telur, sambel lalap, buah, dan air mineral. Sedangkan untuk menu prasmanan yaitu nasi Ayam, oseng tempe lombok ijo, capcay, semur, telur, sup sayur ayam, sambal lalap, es teh dan mineral. “Menu-menu tersebut Insyallah akan disukai jamaah, karena menu-menu sama dengan yang dijual dan sudah teruji di masyarakat indonesia, menu-menu khas asli nusantara yang tidak disesuaikan dengan taste Arab,” ujar Puspo.

Diakui Puspo, tidak mudah ABWS membuka gerai di Arab. Selain harus bisa menjalin kerja sama dengan pihak investor di sana, ABWS bekerja sama dengan Said Bawazir TRD Corp, perusahaan ternama Jedah.