- Good News Everyday -

Minggu, 16 Desember 2018
List submenu

Life Style

Wajib dicoba, Ragam kuliner saat di tanah suci

7 Nopember 2018

Salamhaji.com,  Ketika melakukan ibadah haji atau umroh biasanya jamaah melakukan perjalanan wisata religi seperti berziarah ke makam nabi dan juga para sahabatnya. Namun tidak ada salahnya jika kita juga mencoba untuk mencicipi makanan yang khas disana. Ada banyak jenis makanan yang bisa kita temui dan tentunya makanan tersebut terbuat dari bahan-bahan yang halal untuk dikonsumsi. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa kita coba saat haji atau umroh :

1. Kebab

Image result for kebab turki

Kebab merupakan makanan yang berasal dari negara Timur Tengah, biasanya lebih dikenal dengan nama Shawarma dan bisa ditemui di mana saja. Makanan ini terdiri dari potongan-potongan kecil daging ayam maupun daging sapi yang dibakar, kemudian dicampurkan dengan potongan tomat, ketimun, bawang bombay, serta selada yang kemudian dibungkus dalam roti pita Arab yang telah dipanggang sebelumnya dan diolesi mayonnaise. Dari segi porsinya, kebab ini terlihat lebih besar dari pada kebab yang kita temui pada umumnya di Indonesia. Dari segi rasa juga bisa dikatakan berbeda dengan yang biasa kita makan di Indonesia, karena biasanya kebab ini didalamnya terdapat tambahan potongan kentang rebus ataupun kentang goreng. Harganya hanya sekitar 4-5 riyal.

2. Tamis

Image result for tamis makanan arab

Makanan khas Afghanistan ini bentuknya seperti roti dasar pizza yang besar diameternya bisa sebesar 40 cm. Tamis terbuat dari adonan tepung gandum yang dibakar dalam tungku tanah. Biasanya rasa tamis beraneka ragam, seperti tawar agak gurih, rasa manis dengan taburan gula dan wijen, atau ada juga tambahan isi keju. Orang Arab biasanya memakan tamis dengan cara dicocolkan pada krim keju, madu, atau dengan susu kental manis. Harganya hanya berkisar 50 halala (setengah riyal) sampai 2 riyal.

3. Roti Paratha

Image result for roti paratha

Kuliner lain yang bisa ditemui di Makkah dan Madinah adalah roti paratha. Di Indonesia biasanya dikenal sebagai roti Maryam atau roti canai. Roti paratha terbuat dari campuran tepung terigu, air, telur dan mentega. Roti ini biasanya disajikan dengan kari ayam, sapi, atau kambing. Namun jika tidak menyukai kentalnya kari, kita juga bisa memakan roti paratha dengan cocolan susu kental manis, gula, madu, saus tomat ataupun saus cabe.  Untuk membeli 2 roti paratha lengkap dengan pilihan karinya, harganya hanya 2 riyal. Sedangkan 5 roti paratha saja, harga yang ditawarkan berkisar antara 4-5 riyal.

4. Al-Baik

Image result for al baik makanan arab

Al-Baik merupakan sebuah restoran cepat saji terpopuler di Arab. Bahkan penduduk lokal maupun jamaah haji dan umroh rela mengantri panjang demi merasakan menu restoran ini. Satu paket box yang berisikan empat hingga delapan potong ayam atau nugget, plus kentang goreng dan roti khas Arab yang bentuknya mirip burger, dibandrol dengan harga 13 riyal. Potongan ayam yang disajikanpun cukup besar yang bisa membuat kenyang tiga sampai empat orang.

5. Nasi Mandi

Image result for nasi mandi

Nasi mandi adalah makanan Arab terbuat dari beras yang disajikan dengan daging, baik daging ayam, domba, kambing atau daging lainnya yang di oven yang terbuat dari batu. Nasi mandi memiliki ciri berwarna bening keemasan. Nasi ini merupakan campuran dari beberapa rempah-rempah. Porsi yang disajikan biasanya sangat besar untuk ukuran orang Indonesia, mungkin satu porsi cukup untuk 2-3 orang. Tapi untuk orang Arab, satu porsi dimakan untuk satu orang. Harganya juga memang sedikit mahal yaitu 22 riyal. Disajikan hangat dengan sari tomat segar sebagai sausnya. Penjual nasi mandi ini mudah ditemukan di pusat pertokoan seantero kota Madinah maupun Makkah.

6. Nasi Briyani

Image result for nasi briyani

Nasi briyani adalah hidangan berupa nasi yang berasal dari beras basmati yaitu beras berpulir panjang khas India, yang dimasak bersama rempah-rempah, sayuran, atau daging. Makanan ini berasal dari Persia, kata briyani sendiri berarti goreng atau panggang dalam bahasa Persia. Nasi briyani memiliki rasa yang jauh lebih gurih dan aroma rempah lebih tajam jika dibandingkan dengan nasi mandi. Harga yang ditawarkan berkisar antar 15-18 riyal.

sumber : gulalives.co