- Good News Everyday -

Minggu, 16 Desember 2018

Suka Duka Oki Setiana Dewi saat berhaji

5 Nopember 2018

SALAMHAJI.COM - Oki Setiana Dewi dan suaminya, Ory Vitrio, sudah beberapa kali gagal berangkat haji. Dan baru tahun 2017 lalu, mereka mendapat kesempatan menunaikan ibadah haji ke Tanah Suci, Mekkah. Di ibadah haji perdana ini, Oki dan Rio memiliki banyak cerita sukad dan duka.

Bagaimana pengalaman Oki beribadah haji di saat dirinya tengah hamil?

Pergi Haji Saat Hamil Besar

oki-setiana-dewi-7.jpg

Ibadah haji Oki ini tentu sangat istimewa lantaran ia menjalankannya saat sedang mengandung 6 bulan. Memang agak sulit mengikuti berbagai kegiatan haji saat hamil, tapi ibu dua anak itu tak mau mengeluh dan berusaha menikmatinya.

“Ini kebetulan kehamilan saya di tengah-tengah, nih, jadi diperbolehkan. Biasanya kalau di usia yang terlalu muda atau tua itu tidak diizinkan,” kata Oki saat ditemui di kawasan Bintaro, Tangerang, Senin (11/9).

Pakai Kursi Roda

oki-setiana-dewi-6.jpg

Walau sedang hamil, Oki tetap bersyukur karena ibadahnya dilengkapi berbagai fasilitas. Salah satunya adalah kursi roda, yang bisa Oki pakai jika sudah merasa lelah berjalan.

“Untungnya di sana banyak tersedia kursi roda untuk orang yang sepuh atau orang tidak mampu tenaganya, bisa menggunakan fasilitas kursi roda. Saya berjalan, kalau saya sudah tidak mampu, nanti Bang Rio akan mendorong saya,” lanjutnya.

Lihat Jemaah Meninggal

oki-setiana-dewi-10.jpg

Walaupun banyak fasilitas, tetapi tetap saja banyak jemaah yang kelelahan dan tak sanggup melanjutkan ibadah. Bahkan, Oki melihat beberapa jemaah yang meninggal dunia.

“Saya cuma lihat bahwa beberapa orang yang berusia lanjut memang meninggal dunia saat menjalankan ibadah haji karena sesak nafas atau berdesak-desakan, atau kurang fit kondisinya. Sehingga saya menyadari, ibadah haji adalah ibadah fisik yang luar biasa sehingga alangkah baik dilakukan untuk kita-kita yang tenaganya fit, lah,” papar presenter muslimah tersebut.

Antre Panjang ke Toilet

oki-setiana-dewi-8.jpg

Saking banyaknya orang, para jemaah harus mengantre untuk ke toilet. Bahkan, baru masuk saja Oki sudah digedor-gedor untuk segera keluar, bergantian dengan yang lain.

“Di sana kita harus mengantre kamar mandi yang panjang, dan digedor-gedor gitu baru masuk, ‘Cepat! Cepat!’ Keseruan-keseruan seperti itulah yang saya pikir menarik gitu,” ujar Oki.

Haji Setelah Lama Menanti

Related image

Dari semua kisah tersebut, Oki dan Rio sangat bersyukur mendapat kesempatan ibadah haji di usia masih muda. Walaupun Oki sedang mengandung, tetapi ia bisa mengikuti beberapa kegiatan ibadah haji, seperti tawaf, wukuf, sa’i, dan lainnya.

“Suka karena kan memang ibadah haji ini sudah ditunggu-tunggu sejak beberapa tahun lalu, yang baru Allah berikan kesempatan pada tahun ini. Jadi, memang penuh dengan kebahagian, lah, penuh dengan kesenangan, dan tidak takut ninggalin anak-anak karena sama nenek kakeknya,” tandasnya.