Memilih dan Membeli Makanan di Tanah Suci

25 Oktober 2018

 

Tanah Suci adalah tanah yang makmur lagi subur, ini sesuai dengan doa Rasulullah yang meminta kepada Allah yang maksudnya, “Ya Allah, berikanlah kecintaan kami kepada Madinah seperti mana Engkau berikan kecintaan kepada Makkah, atau lebih daripada itu dan bersihkanlah ia serta berkatilah kepada kami dalam makanan dan bekalnya dan gantikan wabak penyakitnya dengan juhfah.” (Riwayat Bukhari dan Muslim).

Menyimak doa yang Rasul panjatkan sangat benar jika jama’ah lihat ketika di Tanah Suci buah-buahan, sayur mayur sangat subur dan makanan sangat berlimpah dan bisa membuat jama’ah tergiur. Tapi jangan karena nafsu semata bisa membuat jama’ah lupa diri untuk membeli yang tidak dibutuhkan nanti jika tidak termakan jatuhnya bisa mubazir.

Berikut Republika.co.id memberikan tips untuk anda dalam membeli dan memilih makanan ketika di Tanah Suci.

Beli Buah-Buahan Lokal

Ukuran buah di negeri Arab sangat besar dan segar. Contohnya, ukuran apel bisa 2 kali lebih besar dari Apel Indonesia, jadi sangat tidak rugi untuk anda membeli dan mengkonsumsi buah-buahan lokal selama di Tanah Suci.

Lihat Porsi makanan dahulu sebelum membeli

Sebelum anda membeli makanan tanyakan atau lihat dulu porsinya, karena porsi makanan disana bisa tiga kali lipat dari porsi makanan di Indonesia. contohnya ukuran roti bisa tiga kali lipat lebih besar, pun begitu dengan ukuran nasi kebulinya. Jadi baiknya ketika anda ingin membeli makan ajak teman anda dua atau tiga orang untuk membeli makanan yang sama, agar tidak terbuang sia-sia.

Makanan mengandung tomat

Tentunya selera makan dan selera bumbu orang Indonesia dengan orang Timur Tengah berbeda, walaupun sama mengandung rempah-rempah tapi tetap saja rasanya berbeda. Untuk anda yang tidak menyukai bumbu tomat baiknya membawa bekal saus atau sambal atau snack yang anda suka, sebab disana snack atau chiki pun lebih banyak dengan varian rasa dengan bumbu tomat jadi sebelum membeli anda pun harus melihat dahulu rasa dari snack tersebut karena jika anda salah membeli dan tidak termakan malah menjadi mubazir.

Sekian tips yang diberikan, semoga bermanfaat agar anda tetap nyaman menjalani ibadah di Tanah Suci.