- Good News Everyday -

Minggu, 16 Desember 2018

Tips Agar Tidak Tersesat di Masjidil Haram

12 Nopember 2018

Dilansir dari republika.co.id, sebagai masjid terbesar di dunia yang juga merupakan tujuan utama dalam ibadah haji, Masjidil Haram memiliki kemampuan untuk menampung jamaah sebanyak 820.000 ribu jamaah, yang bahkan bisa bertambah kapasitasnya seiring pembangunan yang dilakukan secara terus-menerus oleh Pemerintah Arab Saudi.

Sedikitnya ada 4 buah pintu utama dan 45 pintu biasa. Dimana keunikan masjid ini terletak pada masing-masing pintunya yang memiliki nama. Namun, saking banyaknya jumlah pintu tersebut, tak heran jika banyak jamaah yang tersesat ketika keluar maupun masuk area Masjidil Haram.

Sehingga untuk menghindari nyasar, terdapat tips singkat agar para jamaah tidak tersesat selama keluar-masuk Masjidil Haram. Berikut caranya :

Pertama, setiap pintu memiliki nama. Jadi, para jamaah dapat menghafal nama pintu yang dimasuki. Sehingga saat keluar tinggal mengingat nama pintunya. Jika tidak memiliki informasi mengenai nama pintu yang Anda masuki, Anda dapat mengingat detail lainnya, misalkan pintu dengan lampu hijau di kanan-kirinya.

Kedua, bagi jamaah haji maupun umrah, tetaplah berada dalam barisan kelompok. Biasanya, pemimpin kelompok atau muthawif akan membimbing jamaah untuk keluar masuk masjid.

Ketiga, hafalkan saja pintu masuk utama, yakni King Fahd. Pintu ini mencakup pintu masuk nomor 70 hingga 93. Selanjutnya, King Abdul Aziz, King Abdullah, dan Safa Marwah mencakup pintu-pintu bernomor 20 sampai 25.

Kelompok pintu King Fahd, King Abdul Aziz dan King Abdullah posisinya tepat menghadap Hotel Dar at Tauhid Continental serta Zam-zam Tower. Untuk kelompok pintu Shafa Marwah akan mengarahkan jamaah yang memilih tinggal yang cukup jauh dari Masjidil Haram.

Terakhir, bagi para jamaah agar jangan lupa untuk selalu mengalungi kartu identitas yang dibagikan dari travel umroh maupun haji yang berisi identitas sementara selama berada di wilayah Saudi Arabia, sehingga jika tersesat, petugas setempat dapat mengantarkan ke alamat hotel tempat Anda menginap berdasarkan informasi yang tertera di id card tersebut.